Modul 1_LA 2_uP dan uC 2022

  

Modul I
General Input Dan Output





1. Jurnal [kembali]
    MEMBUAT LCD MENAMPILKAN KELOMPOK DAN NOMOR KELOMPOK KETIKA ANGKA 5 PADA KEYPAD DITEKAN

2. Hardware [kembali]
A. Alat

    a). Instrument

Multimeter

    b). Probes
Logic Probe

    c). Generators

Power Supply

B. Bahan

    
 Resistor

   

      a). Komponen Input

Keypad

    b). Komponen Output


LED 

LCD


    c). Komponen Lainnya
            
            -Mikrokontroler


Modul Arduino


3. Gambar Rangkaian [kembali]




4. Prinsip Kerja [kembali]
Prinsip kerja dari Arduino bisa kita gambarkan seperti di bawah ini.

cara kerja arduino


Alur kerjanya:
Pembacaan data oleh komponen input > data dikirim ke pin input > data masuk ke mikrokontroler > data diproses > data keluar dari Arduino >data dikirim ke pin output > data diteruskan ke komponen output.
Berdasarkan gambar dan keterangan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa cara kerja Arduino yaitu:

Tahap 1: Pembacaan data oleh komponen input

Hal pertama yang berlangsung adalah komponen input yang dihubungkan ke Arduino akan melakukan pembacaan atau pengukuran data yang jadi pemicu.

Misalnya berupa jarak, cahaya, getaran, atau suara.

Apa saja yang termasuk komponen input? Yaitu semua komponen yang dapat melakukan pengukuran maupun pembacaan data.

Termasuk semua jenis sensor. Entah itu sensor jarak, cahaya, maupun yang lainnya.

Tahap 2: Data dikirim ke pin input Arduino

Pin input adalah perantara yang menghubungkan antara Arduino dan komponen input.

Jadi, data yang didapatkan dari pengukuran dan pembacaan komponen input akan dikirim ke pin input Arduino.

Tahap 3: Data masuk ke mikrokontroler (inti Arduino)

Nantinya, data yang ada pada pin input Arduino akan dibawa ke mikrokontroler atau inti Arduino untuk masuk ke tahapan berikutnya. Yaitu tahap pemrosesan data.

Data yang masuk ke mikrokontroler akan diproses berdasarkan perintah atau program yang diberikan. Dalam tahapan ini pulalah diberikan instruksi akan seperti apa perintah yang akan dijalankan perangkat output nantinya.

Untuk memberikan perintah pada mikrokontroler Arduino, menggunakan bahasa pemrograman C dan melalui Software Arduino IDE.

Tahap 4: Data dikirim ke pin output Arduino

Setelah data diproses, maka selanjutnya data akan dikirim ke pin output Arduino.

Layaknya pin input, pin output Arduino juga berperan sebagai perantara yang menghubungkan antara Arduino dan perangkat output.

Perlu kamu ketahui bahwa rata-rata Arduino memiliki 14 pin yang dapat digunakan sebagai pin input maupun pin output.

Tahap 5: Data disalurkan ke komponen output

Data yang ada pada pin output Arduino, selanjutnya akan disalurkan ke komponen output.

Jadi, semua instruksi yang diberikan oleh mikrokontroler akan langsung dijalankan oleh komponen output seperti relay, lampu LED, buzzer, dan sebagainya.


16x2 LCD Pinout Configuration

Pin No:

Pin Name:

Description

1

Vss (Ground)

Ground pin connected to system ground

2

Vdd (+5 Volt)

Powers the LCD with +5V (4.7V – 5.3V)

3

VE (Contrast V)

Decides the contrast level of display. Grounded to get maximum contrast.

4

Register Select

Connected to Microcontroller to shift between command/data register

5

Read/Write

Used to read or write data. Normally grounded to write data to LCD

6

Enable

Connected to Microcontroller Pin and toggled between 1 and 0 for data acknowledgement

7 - 14

Data Pin 0 - 7

 

 

Data pins 0 to 7 forms a 8-bit data line. They can be connected to Microcontroller to send 8-bit data.

These LCD’s can also operate on 4-bit mode in such case Data pin 4,5,6 and 7 will be left free.

15

LED Positive

Backlight LED pin positive terminal

16

LED Negative

Backlight LED pin negative terminal

 KEYPAD

Pada Keypad ketika tombol ditekan, kolom dan baris yang berbeda akan menjadi pendek. Hal ini nantinya akan menyebabkan perubahan tegangan dan arus sehingga ketika dikirimkan dapat diketahui dibagian mana dan tombol apa yang ditekan.

CODINGAN
#include <LiquidCrystal.h> //Deklarasi libary LCD
#include <Keypad.h> //Deklarasi library Keypad

const byte ROWS = 4; //Deklarasi jumlah baris
const byte COLS = 3; //Deklarasi jumlah kolom
char keys[ROWS][COLS] = {
    {'1','2','3'},
    {'4','5','6'},
    {'7','8','9'},        //Inisialisasi keypad matriks 4x3
    {'*','0','#'}
};

byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk baris
byte colPins[COLS] = {13, 12, 11}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk kolom

//Inisialisasi Library dengan pin yang digunakan
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );
void setup() {             //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi sekali
  //Set baris dan kolom LCD
  lcd.begin(16, 2);
  lcd.setCursor(0,0);
}

void loop() {              //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi berulang
char key = keypad.getKey();  //Membaca keypad
     if (key == '5') {  //Kondisi pilihan jika keypad ditekan
        lcd.setCursor (4,0);
  lcd.print("KELOMPOK");  //Menampilkan input dari keypad pada LCD
  lcd.setCursor (7,1);
  lcd.print("32");  //Menampilkan input dari keypad pada LCD
  delay (2000);
  lcd.clear();
  }
delay (100);
}

Pertama Kita tambahkan library LCD dan Keypad,lalu kita Deklarasikan Pin pada Arduino yang akan kita gunakan,yaitu pin digital (7-13). dimana baris (7-10) dan kolom (11-13). dan tentukan masing-masing character tiap baris dan kolom. Serta pin Analog pada Arduino Terhubung ke kaki LCD seperti pada gambar rangkaian.

pada Void Setup,lalu kita tentukan tipe LCD yang kita pakai dan letak cursornya. tipe LCD nya adalah 16x2 (kolom x baris)

Pada Void loop, lakukan perulangan untuk menerima inputan Character dari Keypad,dan tambahkan logika ketika angka yang ditekan adalah 5 maka akan menampilkan Kelompok 32 pada LCD. setelah ada jeda 2 detik lcd kembali kosong untuk menerima perintah selanjutnya

5.. Video Praktikum [kembali]




6. Analisa [kembali]         

1. Apa yang terjadi bila kita memberikan logika HIGH pada pin R/W LCD? Jelaskan mengapa bisa terjadi hal itu.
    --> Ketika Berlogika "HIGH" maka LCD akan menjadi mode read (mode membaca) data-data yang ada/tersimpan di LCD. biasanya mode ini digunakan untuk mengetahui status dan tipe dari LCD yang dipakai misalnya "LCD 16x2". tapi mode ini tidak bisa menulis data yang ia terima dari mikrokontroller /komponen lainnya sehingga R/W  pada LCD biasanya di "LOW" atau di "GROUND" kan

2. Apa yang terjadi bila kita menekan angka 2 ketika kita sedang menekan angka 3 pada keypad?
    --> Keypad tidak Menampilkan angka 2 karena pada keypad bekerja dengan sistem scanning . Ketika angka 3 ditekan data tersebut akan mengumpankan data tersebut pada suatu bagian dan menerima umpan balik(feedback) pada bagian lainnya.pada saat pemberian angka 2,data tidak ditampilkan karena ketika menekan angka 3,angka-angka selain 3 akan berada pada kondisi inversnya sehingga tidak terdeteksi angka 2 di LCD pada saat kita tekan



7. Link Download [kembali]

Download Vidio Praktikum Disini
Download File Rangkaian Percobaan Disini
Download File Program Disini
Download DataSheet Arduino disini
Download Datasheet LCD disini
Dowload HTML Disini
Download Library Disini
Dataheet Keypad Disini


[Kembali ke daftar isi]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Muhammad Sukry

Bahan Presenstasi Ini dibuat untuk  Mata Kuliah Mikroprocessor dan Mikrocontroller Semester Ganjil 2022-2023 Oleh : Muhammad Sukry 201095104...